Jumat, 16 Juli 2010

Indefinite Pronoun

Indefinite Pronoun adalah kata ganti tidak tentu. Dikatakan tidak tentu karena belum diketahui siapa atau apa benda yang digantikannya. Kata ganti yang termasuk Indefinite Pronoun adalah : SOMEONE, SOMEBODY, ANYONE, ANYBODY, EVERYONE, NO ONE, NO BODY, untuk personal noun dan SOMETHING, ANYTHING, EVERYTHING, NOTHING, untuk Impersonal Pronoun. Selain itu, ada juga Indefinite Pronoun yang dapat digunakan baik untuk personal noun maupun impersonal noun yaitu : ANOTHER, THE OTHER, OTHER, OTHERS, dan THE OTHERS. Penggunaan kata-kata ganti ini mempunyai fungsi dan aturan tersendiri.

a. Somebody / Someone (seseorang)
Digunakan untuk kalimat positif.
Contoh :
- Someone called my name.
- I heard someone calling my name.
- Someone passes through my front door.

b. Anybody / Anyone
Anybody atau anyone mempunyai dua arti, yaitu seseorang dan setipa orang. Apabila anyone / anybody digunakan untuk menyatakan seseorang, bentuk kalimatnya adalah kalimat negative atau kalimat Tanya (interrogative sentence).
Contoh :
- She didn’t see anyone there.
- Did he see anyone there ?
- I can’t speak to anyone.

Catatan :
- Someone / Somebody dapat juga digunakan dalam kalimat Tanya apabila jawabannya sudah pasti “yes”.
- Anyone / Anybody dapat digunakan dalam kalimat positif apabila artinya menyatakan siapa saja.

c. Everyone / Everybody
Penggunaan Everyone / Everybody sama seperti penggunaan anyone / anybody yang menyatakan setiap orang. Dengan kata lain, anyone / anybody dapat menggantikan everyone / everybody dan sebaliknya.

d. No One / Nobody
No One / Nobody digunakan dalam kalimat positif. No one / nobody dapat diganti dengan anybody / anyone yang menyatakan seseorang, tetapi kalimatnya harus negative.
Contoh :
- I see nobody there. I don’t see anybody there.
- She invited nobody to her wedding party. She didn’t invite anybosy to her wedding party.
- I talked to nobody. I didn’t talk to anybody.

Penggunaan SOMETHING, ANYTHING, EVERYTHING, dan NOTHING sama saja prinsipnya dengan SOMEONE, SOMEBODY, ANYONE, ANYBODY, EVERYONE, EVERYBODY, NO ONE, dan NOBODY. Perbedaannya adalah bahwa: THING digunakan untuk Impersonal sementara ONE / BODY digunakan untuk Personal.

Bentuk ANOTHER, THE OTHER, OTHER, OTHERS, dan THE OTHERS merupakan kata ganti yang menyatakan yang lain, baik untuk Personal maupun Impersonal noun. Untuk benda tunggal digunakan ANOTHER atau THE OTHER (+ NOUN). Sementara OTHER + NOUN (plural), OTHERS, dan OTHERS digunakan untuk benda jamak.

1. Another
Another dapat digunakan tanpa atau dengan noun (singular). Kata ganti ini digunakan untuk benda lain yang belum disebutkan sebelumnya atau boleh juga untuk satu benda dari beberapa benda.
Contoh :
Aliumar : I want to buy a shirt. Could you show me one ?
Shopkeeper : Sure, here you are.
Aliumar : I think, this doesn’t fix me. Could you show me another (shirt)?

2. The Other / The Others
The other dapat digunakan dengan atau tanpa noun (singular). Apabila the other diikuti oleh noun (plural), kata ganti tersebut dapat diganti menjadi the others. Kata ganti ini dapat digunakan untuk mengganti benda yang sudah pernah disebutkan sebelumnya atau dapat juga merupakan sisa dari benda yang sudah disebutkan.
Contoh :
- I have three brothers. Two of them are in Jakarta, and the other is in Bandung.
- I have three brothers. One of them is in Jakarta, and the other brothers (the others) are in Bandung.

3. Other / Others
Kata ganti other harus diikuti oleh noun (plural) smentara others tidak boleh diikuti oleh noun. Prinsip penggunaan other dan others sama dengan another. Perbedaannya adalah another digunakan untuk benda tunggal sementara other dan others digunakan untuk benda jamak.
Contoh :
- I only bought three books yesterday. I want to buy other books (others) now.
- Some students are reading in library. Others are playing at the play-ground.
Catatan :
- Kata benda tunggal yang diletakkan di belakang another dan the other dapat diganti dengan One, sementara benda jamak yang diletakkan di belakang other dan the other dapat diganti dengan ones.
- THIS/THAT/THESE/THOSE dapat juga berfungsi sebagai kata ganti (pronoun) yang disebut sebagai Demonstrative Pronoun. THIS dan THAT digunakan untuk menunjukkan benda tunggal, sementara THESE dan THOSE digunakan untuk menunjuk benda jamak. THAT dan THOS digunakan untuk menunjuk benda jauh.

Download Tulisan ini :

8 komentar: